SDI AL MUHAJIR - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional SD Islam Al Muhajir membuat suatu acara yakni Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) dan Bussines day (Market Day) di SD Islam Al Muhajir Ledoktempuro Randuagung yang dilaksanakan pada hari Rabu 23 Oktober 2019.

Setelah pelaksanaan acara Kirab Hari Santri siswa siswi dan wali murid, SDI Al-Muhajir menyelenggarakan Market Day.

Market Day dikonsep dengan acara bazaar yang menjual aneka makanan dan karya siswa, tetapi bedanya yang menjual dan membeli adalah anak-anak siswa SDI Al Muhajir.

Penyelenggara kegiatan dilaksanakan oleh siswa kelas 4 dan kelas 5 dibantu oleh Tim Paguyuban Kelas.

Menurut Kepala Sekolah, Ropin, SE.Sy, M.Pd. menuturkan bahwa Market Day merupakan upaya sekolah untuk menumbuhkan jiwa kreatif anak dalam berwiraswasta.

"Karena di Dalam hal pendidikan agama, para siswa dididik untuk berdagang dengan cara Islami yang tidak merugikan salah satu pihak" ujar Ropin

"Sementara, dalam pendidikan umumnya, anak-anak diasah kemampuan matematikanya" imbuhnya.



Seperti bunyi surat Annisa ayat 29 yakni, Hai orang-orang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu.

Dalam Market Day semua siswa dapat berpraktek jual beli karena ada yang bertndak sebagai pedagang dan pembeli adalah siswa sendiri.

Acara Market Day ini di buka dan diresmikan oleh Ketua Yayasan Al Muhajir,
K.H Zainul Mustofa, S.Pd, M.Pd.I.

"Saya sangat bangga, dimana anak-anak dapat belajar berwirausaha, karena pendidikan yang seperti ini dapat bermanfaat kelak nanti setelah mereka dewasa" ujar Mustofa

"Karena sesungguhnya menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan enterprenuer atau membangun jiwa kepemimpinan harus dibangun sejak dini, dan inilah salah satu alasan mengapa diadakan market day di SD Islam Al Muhajir" tambahnya

Zainul Mustofa menyampaikan rasa terimakasih kepada dewan Asatid Asatidza, tim paguyuban, wali murid dan seluruh warga belajar SD Islam Al Muhajir yang terlibat dan ikut andil di acara ini.

Apresiasi positif datang dari wali murid Meskipun meskipun Market Day merupakan kegatan yang pertama kali diselenggarakan sekolah.

Berikut Videonya: